Abdi Akommedia : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 4 (2024)

PENGGUNAAN FLASHCARD PADA KELAS BAHASA INGGRIS MI MIFTAHUL ULUM TOTO MULYO WAY BUNGUR

Supatmi, Ruri (Unknown)
Mega Putra, Rangga (Unknown)
Dahlia, Anggi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

English classes require a lot of vocabulary understanding, if children do not have this ability, then it is certain that English classes cannot run optimally. Therefore, the use of flashcards can help students to improve mastery of English vocabulary. The method of implementing service activities used is a qualitative method with an analytical descriptive, verification, and exploratory approach. The type of data collected is primary data obtained from structured interviews to sources of information (key informants and informants), namely the principal, teachers, and school officials, as well as making direct observations in the fifth grade. The data analysis technique uses a qualitative descriptive model in the form of data collection, data reduction, data display, and conclusion. The use of flashcards is proven to be able to improve students' knowledge and understanding in English classes.   Keywords: flashcard, English vocabulary, analytical descriptive   Abstrak   Kelas bahasa inggris memerlukan pemahaman kosa kata yang banyak, jika anak tidak punya kemampuan ini maka bisa dipastikan kelas Bahasa inggris tidak bisa berjalan dengan maksimal. Oleh karena itu, penggunaan flashcard dapat membantu para siswa untuk dapat meningkatkan penuasaan kosa kata Bahasa inggris. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis, verifikatif, dan eksploratif. Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara yang terstruktur ke sumber informasi (informan kunci dan informan) yaitu kepala sekolah, guru guru , dan pihak sekolah, serta melakukan observasi langsung di kelas V. Teknik analisis data menggunakan model deskriptif kualitatif dalam bentuk pengumpulan data, reduksi data, display data, dan Kesimpulan. Penggunaan flashcard ini terbukti mampu maningkatkan pengtahuan dan pemahaman siswa dalam kelas Bahasa inggris.   Kata Kunci: flashcard, kosakata Bahasa inggris, analisis descriptive

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ABDIAKOMMEDIA

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics Physics Other

Description

Jurnal pengabdian yang sedang berkembang pesat setiap tahun nya baik dalam ilmu komputer, teknik informatika maupun sistem informasi, sains serta pendidikan untuk meningkatkan dalam pelayanan pengembangan teknologi pada bidang penelitian, pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat. Dari perseroan ...