Cendekia Medika : Jurnal Stikes Al-Ma`arif Baturaja
Vol. 9 No. 1 (2024): Cendekia Medika : Jurnal STIKes Al-Ma'arif Baturaja

Analisis Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Tahun 2024

Rosidah (Unknown)
Ali Harokan (Unknown)
Ahmad Dwi Priyatno (Unknown)
Arie Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2024

Abstract

Menurut WHO 8,4 juta kematian disebabkan oleh kualitas pelayanan yang buruk di Negara penghasilan rendah dan menegah yang menyumbangkan 15% kematian. Pelayanan kesehatan belum mencapai mutu optimal, banyak terdapat keluhan masyarakat yang merasa tidak puas atas pelayanan kesehatan yang diterima.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap tahun 2024.  Desain penelitian ini menggunakan Purposive sampling. Penelitian ini telah di laksanakan pada tanggal 07-24 Februari 2024. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Analisis data bivariat menggunakan uji chi-Square dan multivariat regresi logistik. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan tangible  (p value 0,010) , reliability (p value 0,023) responsiveness (p value 0,017), assurance (p value 0,05), dan empaty  (p value 0,047) terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Tahun 2024.  Faktor yang paling dominan dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Tahun 2024 yaitu tangible (p value 0,006), (OR 0,289). Kesimpulan ada hubungan tangible  , reliability, responsiveness , assurance  dan empaty  terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Tahun 2024. Bagi Rumah Sakit hendaknya pihak rumah sakit meningkatkan sarana dan prasarana berhubungan dengan pelayanan rawat inap, serta sarana parasara di ruang rawat inap rumah sakit.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendekia_medika

Publisher

Subject

Nursing Public Health

Description

This journal is intended as a medium for communication among stakeholders on health research such as researchers, educators, students, practitioners of Health Office, Department of Health, Public Health Service center, as well as the general public who have an interest in the matter. This journal ...