Latar Belakang: Penelitian ini membandingkan media pembelajaran audiovisual dengan media asli hidup pada praktikum fisiologi "Uji Keseimbangan Kursi Baranny". Metode konvensional membuat mahasiswa cenderung pasif, sehingga inovasi media pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan efektivitas belajar.Tujuan: Menentukan perbedaan hasil pembelajaran menggunakan media audiovisual dan kombinasi audiovisual+media asli hidup.Metode: Penelitian ini menggunakan metode Quasi-Eksperimen Post-Test Only Group dengan total sampling mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah angkatan 2023 (193 orang). Data dianalisis menggunakan SPSS v.25 uji Chi- Square. Hasil: Rerata post-test menunjukkan bahwa kelompok audiovisual+media asli hidup memiliki tingkat kelulusan 79,2% dibanding kelompok audiovisual saja (62,3%). Perbedaan signifikan ditemukan dengan nilai sig 0,009 (p<0,05).Kesimpulan: Penggunaan media audiovisual+media asli hidup lebih efektif dibandingkan audiovisual saja dalam praktikum fisiologi.
Copyrights © 2025