JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 2 (2024)

Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) Berbantuan Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan CNC Kelas XI SMK Negeri 3 Kota Jambi

Dwi Danendra, Rayhan (Unknown)
Prasetya, Febri (Unknown)
Rahim, Bulkia (Unknown)
Purnama Putra, Randi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Pendidikan adalah usaha dasar terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak, ilmu hidup, pengetahuan umum serta keterampilan yang diperlukan dirinya untuk masyarakat berlandaskan Undang-Undang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) berbantuan video pembelajaran efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada Teknik Pemesinan CNC SMKN 3 Kota Jambi. Penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experiment (eksperimen semu). Penelitian quasi experiment digunakan untuk membandingkan efektivitas model pembelajaran PBI berbantuan video tutorial terhadap hasil belajar peserta didik dengan efektivitas hasil belajar peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada kelas XI Teknik Pemesinan SMKN 3 Kota Jambi Tahun Ajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Teknik Pemesinan SMKN 3 Kota Jambi yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Data hasil belajar peserta didik diperoleh dari nilai tes hasil belajar Teknik Pemesinan CNC. Analisis data dalam penelitian ini dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil tes diperoleh bahwa hasil belajar peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran PBI berbantuan video tutorial lebih baik atau lebih efektif dari pada hasil belajar dengan model pembelajaran konvensional. Dapat dikatakan bahwa model pembelajaran PBI berbantuan video tutorial efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI Teknik Pemesinan SMKN 3 Kota Jambi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...