Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran inkuri terbimbing berbantuan flash card untuk meningkatkan kompetensi belajar peserta didik pada materi zat dan perubahannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest posttest non-equivalent control group design. Penelitian ini terdiri dari dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah 62 peserta didik yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan flash card sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, kelas eksperimen memiliki rata-rata N-Gain 0,71 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol dengan rata-rata N-Gain 0,52 dengan kategori sedang. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t didapatkan nilai t-hitung (4,47) dan t-tabel (2,04). Berdasarkan hal tersebut, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuri terbimbing berbantuan flash card memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi zat dan perubahannya.
Copyrights © 2024