JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Flash Card Untuk Meningkatkan Kompetensi Belajar Siswa Pada Materi Zat Dan Perubahannya

Alisa Putri, Rahmi (Unknown)
Prima Sari, Monica (Unknown)
Yanto, Febri (Unknown)
Lestari, Tuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran inkuri terbimbing berbantuan flash card untuk meningkatkan kompetensi belajar peserta didik pada materi zat dan perubahannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain pretest posttest non-equivalent control group design. Penelitian ini terdiri dari dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah 62 peserta didik yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan flash card sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, kelas eksperimen memiliki rata-rata N-Gain 0,71 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol dengan rata-rata N-Gain 0,52 dengan kategori sedang. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji-t didapatkan nilai t-hitung (4,47) dan t-tabel (2,04). Berdasarkan hal tersebut, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuri terbimbing berbantuan flash card memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi zat dan perubahannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...