JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Implementasi Kegiatan Forum Annisa dalam Membina Siswi Memahami Fiqih Wanita di MTsN 03 Agam

Agustinar, Kiki (Unknown)
Jasmienti, Jasmienti (Unknown)
Khairuddin, Khairuddin (Unknown)
Febrianta, Rita (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2024

Abstract

Penulisan ini dilatarbelakangi oleh pentingnya Forum Annisa karena kegiatan ini menyediakan ruang bagi siswi perempuan untuk berdiskusi, berbagi pengalaman, dan mendukung satu sama lain dalam pengembangan diri, baik dari segi akademis, moral, maupun sosial. Forum Annisa ini juga membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya fiqih wanita seperti kesehatan reproduksi wanita, membangun karakter Islami, serta mengembangkan keterampilan sosial dan kepemimpinan yang semuanya mendukung pemberdayaan perempuan muda dalam lingkungan sekolah. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif, yakni menggambarkan suatu keadaan atau peristiwa yang terjadi di lapangan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwasannya kegiatan Forum Annisa di MTsN 03 Agam sudah berjalan dengan baik, sebanyak 80 siswi kelas IX wajib mengikuti kegiatan Forum Annisa, kegiatan ini juga diadakan rutin setiap minggu oleh pembina Forum Annisa hal ini tentunya adalah bentuk apresiasi dari kegiatan positif yang harus didukung, karena Forum Annisa ini mempunyai nilai-nilai yang harus dikembangkan hal ini dibuktikan dengan dukungan yang tepat sehingga para siswi bisa menjadi pribadi yang lebih baik, siap menghadapi tantangan hidup, dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih cerah baik bagi diri mereka sendiri maupun bagi masyarakat sekitar melalui pengetahuan dan pengalaman yang mereka dapat pada kegiatan Forum Annisa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...