JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pembuatan E-LKPD Model PBL pada Materi Kalor dan Perpindahan Kalor untuk Pembelajaran Fisika

Nursipa, Haeva (Unknown)
Putra, Amali (Unknown)
Kamus, Zulhendri (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang fakta di lapangan bahwa guru masih menggunakan bahan ajar cetak seperti LKPD, buku ujian dan modul. Guru masih menjadi pusat paradigma pembelajaran yang digunakan. Tujuan dari penelitian yaitu mengembangkan model pembelajaran berbasis masalah E-LKPD yang sesuai pada materi kalor dan perpindahan kalor dengan memanfaatkan hasil uji praktikalitas dan validitas. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian Research and Development (R&D) yang memanfaatkan model pengembangan ADDIE dari Branch (2009). Adapun yang terlibat dalam penelitian ini yaitu lima validator fisika FMIPA UNP, dua guru fisika, dan dua puluh lima siswa kelas XI SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam analisis data yaitu indeks Aiken's V. Hasil validasi model Problem Based Learning E-LKPD menunjukkan rata-rata 0,86 dengan kategori valid. Kategori sangat praktis diperoleh rata-rata  96% untuk hasil praktikalitas guru, sedangkan hasil praktikalitas siswa memperoleh rata-rata 92% dengan kategori yang sama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...