Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis manajemen kinerja guru dalam pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di An-Nahl Creative Boarding School (ACBS) Jambi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, kepala asrama, PJ Guru Tahfidz Putri, guru tahfidz, dan santriwati SMA IT ACBS Jambi yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan secara interaktif dan berkelanjutan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tahfidz di ACBS Jambi dirancang untuk menghasilkan santri yang kompeten dalam menghafal Al-Qur’an. Metode 10 menit per halaman diterapkan untuk mempercepat proses hafalan, sedangkan manajemen kinerja guru mencakup perencanaan, pembinaan, dan evaluasi yang terstruktur. Pembelajaran dilakukan dalam dua sesi setiap hari dengan penekanan pada tahsin untuk memastikan penguasaan bacaan yang benar. Evaluasi dilakukan secara berkala untuk memantau perkembangan hafalan santri, memberikan perhatian khusus kepada yang tidak mencapai target. Dengan manajemen yang efektif, program ini diharapkan dapat mencetak santri yang tidak hanya hafal Al-Qur’an, tetapi juga mampu mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
Copyrights © 2024