JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Penggunaan E-Modul terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Kalkulus Universitas Rokania

Muslim, Muslim (Unknown)
Dwiana, Ari Aprilia (Unknown)
Prasiwiningrum, Elyandri (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2024

Abstract

Upaya penelitian ini berusaha untuk memeriksa dampak e-modul pada kinerja akademik siswa yang terdaftar dalam kursus Kalkulus di Universitas Rokania. Kursus Kalkulus sering dianggap menantang oleh siswa karena konsep abstrak dan komputasi yang rumit. Dalam konteks penyelidikan ini, metodologi kuantitatif digunakan, dengan fokus pada mata pelajaran dari Fakultas Ilmu Komputer di Universitas Rokania, yang terdiri dari total 45 peserta, dikategorikan menjadi dua kelompok: Kelas A, terdiri dari 23 siswa yang ditunjuk sebagai kohort eksperimental, dan Kelas B, terdiri dari 22 siswa yang bertugas sebagai kohort kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan e-modul sebagai sumber instruksional, berbeda dengan kelompok kontrol, yang menggunakan metode pengajaran tradisional. Penilaian normalitas yang dilakukan melalui uji Lilliefors menunjukkan bahwa data dari kedua kohort menunjukkan distribusi normal dengan varians homogen. Uji t dilakukan untuk mengevaluasi perbedaan hasil pembelajaran antara kedua kelompok. Temuan mengungkapkan perbedaan yang signifikan secara statistik antara kelompok eksperimen dan kontrol, dengan hasil pembelajaran rata-rata untuk kelompok eksperimen (69,04) melebihi kelompok kontrol (52,86). Penelitian ini mendukung pernyataan bahwa penerapan e-modul memberikan pengaruh yang menguntungkan pada prestasi akademik siswa, memfasilitasi pengalaman pendidikan yang lebih interaktif dan meningkatkan pemahaman mereka tentang konsep Kalkulus.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...