JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli Pada Siswa Kelas XI SMKN Mojoagung

Prawisma, Tri Jaka Setiyo (Unknown)
Ridwan, Mochamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMKN Mojoagung dengan melibatkan 36 siswa kelas XI OTKP 3 untuk mengukur peningkatan pengetahuan dan keterampilan melalui intervensi pendidikan. Penelitian ini menggunakan dua instrumen, yaitu soal artikel dan tes keterampilan passing bawah dalam bolavoli, untuk menilai hasil belajar siswa. Data yang dikumpulkan melalui pre-test dan post-test dianalisis untuk mengevaluasi perbedaan signifikan dalam peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kedua variabel. Nilai rata-rata pengetahuan siswa meningkat dari 57.22 menjadi 73.61, sementara keterampilan siswa meningkat dari 63.72 menjadi 77.69. Uji normalitas menunjukkan bahwa data tidak terdistribusi normal, namun uji hipotesis dengan Uji-T untuk sampel berpasangan mengkonfirmasi adanya perbedaan yang signifikan sebelum dan setelah intervensi, dengan peningkatan pengetahuan sebesar 28% dan peningkatan keterampilan sebesar 21%. Temuan ini menunjukkan bahwa intervensi yang diberikan efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa di SMKN Mojoagung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...