Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana metode Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan media Puzzle Warna Nusantara efektif untuk meningkatkan kerjasama siswa di SMPIT Bakti Ibu Kota Madiun. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dalam tiga siklus. Perilaku siswa diamati selama kegiatan pembelajaran dan data dianalisis menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerjasama siswa meningkat secara signifikan dari pra-siklus hingga siklus kedua. Pada pra-siklus, kerjasama siswa rata-rata berada pada kategori cukup, dan pada siklus kedua kerjasama meningkat menjadi baik ketika metode TGT diterapkan dengan media Puzzle Warna Nusantara. Selain itu, metode TGT dengan media Puzzle Warna Nusantara juga terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa; nilai rata-rata siswa meningkat dari 75,5 pada pra-siklus menjadi 86 pada siklus kedua. Ini karena penggunaan media pembelajaran interaktif dan kompetitif menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan menarik, yang berdampak positif pada kerjasama dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024