JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Kegiatan Bercerita dengan Lift The Flap Book and Move terhadap Kemampuan Menyimak Anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kanto Gubernur Padang

Fitri Kamilah Harja, Syafira (Unknown)
Yulsyofriend, Yulsyofriend (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapakah pengaruh kegiatan bercerita dengan media Lift The Flap Book And Move terhadap kemampuan menyimak anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Kemampuan menyimak anak yang akan diteliti meliputi kemampuan anak dalam mendengarkan cerita, melakukan instruksi, menjawab pertanyaan sesuai isi cerita dan menceritakan kembali isi cerita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk Quasi Eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh anak di Taman Kanak-kanak Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang dengan sampelnya yaitu kelompok B4 sebanyak 15 anak sebagai kelas eksperimen dan Kelompok B3 sebanyak 15 anak sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembara observasi kemudian data diolah dengan uji perbedaan(t-test) dengan bantuan SPSS 25.0 for windows. Hasil dari penelitian terlihat rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen adalah 14,8 dan 23,53. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata pre-test dan post-test adalah 14,53 dan 19,93. Data yang dihasilkan berdistribusi normal dan homogen. Pada uji hipotesis dengan Independent sampleat-test nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan bercerita dengan Lift The Flap Book And Move terbukti berpengaruh terhadap kemampuan-menyimak pada anak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...