JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Tindak Tutur Direktif Guru Terhadap Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Negeri 3 Pariaman

Gusmita, Mayang (Unknown)
Olva Zuve, Farel (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu, Pertama mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif yang digunakan guru pada proses pembelajaran teks argumentasi di kelas XI SMA Negeri 3 Pariaman. Kedua, mendeskripsikan strategi bertutur yang digunakan guru pada proses pembelajaran teks argumentasi di kelas XI SMA Negeri 3 Pariaman. Ketiga, mendeskripsikan tindak tutur direktif yang dominan digunakan oleh guru pada proses pembelajaran teks argumentasi di kelas XI SMA Negeri 3 Pariaman. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini ialah tuturan guru berupa kata, frasa atau kalimat yang dikomunikasikan oleh guru pada proses pembelajaran argumentasi di kelas XI SMA Negeri 3 Pariaman. Sumber data penelitian ini adalah tuturan guru bahasa Indonesia yakni ibu Rita Novrianti, S.Pd. Instrumen penelitian ialah peneliti sendiri. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data ialah teknik SBLC dan catat. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat lima bentuk tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran teks argumentasi di kelas XI SMA Negeri 3 Pariaman. Tindak tutur yang sering digunakan guru adalah tindak tutur direktif menyuruh, ditemukan sebanyak 89 data. Terdapat lima strategi bertutur guru dalam pembelajaran teks argumentasi di kelas XI SMA Negeri 3 Pariamandan yang paling sering digunakan adalah strategi bertutur terus terang dengan kesantunan positif ditemukan sebanyak 104 data. Bentuk tindak tutur direktif yang dominan digunakan guru adalah tindak tutur direktif menyuruh, ditemukan sebanyak 89 data.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...