JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Terapi Kombinasi Dzikir dan Rebusan Daun Jambu Biji terhadap Kadar Gula Darah Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Wilayah Desa Banjarmadu

Cahyani, Dewi (Unknown)
Farida, Virgianti Nur (Unknown)
Lestari, Trijati Puspita (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Diabetes Melitus (DM) menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat yang cukup berbahaya dan cenderung masih banyak ditemukan dalam kondisi hiperglikemia. Penatalaksaan DM dapat dilakukan dengan terapi non farmakologi salah satunya yakni terapi kombinasi dzikir dan rebusan daun jambu biji. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh terapi kombinasi dzikir dan rebusan daun jambu biji terhadap kadar gula darah pasien DM tipe 2 di wilayah Desa Banjarmadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan pre-test and post-test with control group design, sampel sebanyak 68 pasien didapatkan dengan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu Standar Operasional Prosedur (SOP), lembar observasi kadar gula darah dan alat pengukur gula darah (glucometer) merk Easy Touch GCU. Analisis data menggunakan uji mann withney. Hasil penelitian sebelum dan sesudah diberikan terapi kombinasi dzikir dan rebusan daun jambu biji pada kelompok perlakuan kadar gula darah selisih 19,93 mg/dL, sedangkan pada kelompok kontrol selisih 4,38 mg/dL. Hasil uji mann withey diperoleh nilai signifikan p=0,000 (p<0,05) yang artinya terdapat perbedaan kadar gula darah pasien diabetes melitus sebelum dan setelah diberikan terapi kombinasi dzikir dan rebusan daun jambu biji secara signifikan. Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa Efek relaksasi dan kandungan flavoid serta tanin yang terdapat pada daun jambu biji mampu membantu mengendalian peningkatan kadar gula darah pasien diabetes melitus.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...