JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Implementasi Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Pencegahan dan Penanganan Kasus Bullying di Sekolah

Manik, Pero Saputra (Unknown)
Simanungkalit, Junika (Unknown)
Panjaitan, Dahlya (Unknown)
Sitinjak, Prischila (Unknown)
Siregar, Dhea Anisa (Unknown)
Ariyani, Ririn Dhea (Unknown)
Rahmadani, Herlisa Pitri (Unknown)
Ramadhan, Taufiq (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Bullying merupakan bentuk kekerasan fisik dan psikologis yang sering terjadi di lingkungan sekolah dan berdampak buruk pada perkembangan psikologis anak. Nilai-nilai Pancasila, terutama nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, penting diterapkan dalam pendidikan untuk mencegah bullying. Guru memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa dan mengatasi perilaku bullying dengan memberikan contoh dan pembinaan yang baik. Artikel ini menyoroti pentingnya implementas pendidikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari untuk mengurangi insiden bullying di sekolah. Bullying merupakan bentuk kekerasan fisik dan psikologis yang sering terjadi di lingkungan sekolah dan berdampak buruk pada perkembangan psikologis anak. Perilaku bullying terbagi kedalam beberapa bentuk, dengan tingkatan yang beda. Bentuk-bentuk bullying tersebut diantaranya yaitu berupa fisik, verbal, dan nonverbal atau tidak langsung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data yang dikumpilkan melalui studi literatur dengan bacaan jurnal-jurnal, kajian pustaka relevan, membaca dan mencatat serta mengelolah bahan penelitian terdahulu. Pengumpulan data juga diambil dari penelitian terdahulu yang telah dikaji dari jurnal-jurnal relevan terakreditasi. Nilai-nilai Pancasila, terutama nilai kemanusiaan yang adil dan beradab, penting diterapkan dalam pendidikan untuk mencegah bullying. Guru memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa dan mengatasi perilaku bullying dengan memberikan contoh dan pembinaan yang baik. Artikel ini menyoroti pentingnya implementasi pendidikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari untuk mengurangi insiden bullying di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...