JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Menurut Teori Polya pada Materi Pecahan di Kelas IV SD Negeri 104202 Bandar Setia T.A 2023/2024

Syahputra, Irfan (Unknown)
Gandamana, Apiek (Unknown)
Irsan, Irsan (Unknown)
Perangin-Angin, Laurensia M. (Unknown)
Mailani, Elvi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2024

Abstract

Soal cerita matematika merupakan jenis soal yang dibuat dalam bentuk narasi dengan konsep yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari untuk menarik perhatian siswa berpikir lebih edukatif dan meningkatkan pemahaman siswa pada suatu konsep matematika. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dapat dianalisis berdasarkan teori Polya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN 1042012 Bandar Setia yang berjumlah 22 orang. Analisis kemampuan dilakukan dengan menggunakan teori Polya. Teori Polya memuat 4 tahapan sistematis dalam menyelesaikan soal cerita matematika. 4 tahapan tersebut meliputi: memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, melihat Kembali. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument tes berjumlah 5 butir soal essay. Hasil penelitian menunjukan kemampuan siswa pada setiap tahapan polya yaitu: tahapan memahami masalah sebesar 74,69%, tahapan merencanakan penyelesaian sebesar 57,87%, tahapan melaksanakan penyelesaian sebesar 50%, dan tahapan melihat Kembali sebesar 47,87%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...