Soal cerita matematika merupakan jenis soal yang dibuat dalam bentuk narasi dengan konsep yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari untuk menarik perhatian siswa berpikir lebih edukatif dan meningkatkan pemahaman siswa pada suatu konsep matematika. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dapat dianalisis berdasarkan teori Polya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV A SDN 1042012 Bandar Setia yang berjumlah 22 orang. Analisis kemampuan dilakukan dengan menggunakan teori Polya. Teori Polya memuat 4 tahapan sistematis dalam menyelesaikan soal cerita matematika. 4 tahapan tersebut meliputi: memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, melihat Kembali. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument tes berjumlah 5 butir soal essay. Hasil penelitian menunjukan kemampuan siswa pada setiap tahapan polya yaitu: tahapan memahami masalah sebesar 74,69%, tahapan merencanakan penyelesaian sebesar 57,87%, tahapan melaksanakan penyelesaian sebesar 50%, dan tahapan melihat Kembali sebesar 47,87%.
Copyrights © 2024