JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Makna Tari Galombang pada Pesta Perkawinan di Nagari Kurai Taji Kecamatan Pariaman Selatan

Rahmi, Mutia (Unknown)
Mansyur, Herlinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna Tari Galombang dalam penyambutan tamu pada pesta perkawinan di Sanggar Padi Sabatang Nagari Kurai Taji Kecamatan Pariaman Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung berupa alat tulis, handphone dan flashdisk. Data dikumpulkan melalui studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna tari Galombang dapat dilihat secara teks dan konteks. Secara teks menggambarkan suasana keindahan dan kelincahan gerakan para penari. Ini dapat menjadi bentuk penghormatan kepada tamu atau pasangan kedua pengantin yang menjadi pusat perhatian. Berisi doa-doa untuk kesejahteraan, kebahagiaan, kelanggengan. Sedangkan secara konteks seperti upacara pesta perkawinan, Tari Galombang dapat mengandung doa dan harapan agar acara tersebut berjalan lancar dan diberkahi. Tari Galombang seringkali menjadi simbol keramahan dan sambutan hangat kepada tamu atau pengantin baru. Gerakan yang mengalir dan penuh semangat mencerminkan kegembiraan dan sukacita masyarakat. Tari Galombang dapat menjadi bentuk hiburan yang menarik dan menghibur bagi penonton. Seiring berjalannya waktu, Tari Galombang mengalami adaptasi dan inovasi untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...