Materi termokimia adalah salah satu topik pembelajaran yang sulit untuk dipelajari peserta didik sehingga diperlukan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik untuk menguasai materi ini. Salah satu bahan ajar yang bisa dikembangkan yaitu Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis GDL. Model GDL diterapkan untuk melatih peserta didik dalam menemukan konsep secara mandiri dan membantu peserta didik dalam memperoleh keterampilan berpikir tingkat tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar dalam bentuk LKPD yang diharapkan mampu meningkatkan antusiasme peserta didik dalam belajar dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis mereka. Dengan menggunakan model pengembangan plomp, dikembangkan LKPD berbasis GDL pada materi termokimia untuk mendukung proses pembelajaran menggunakan kurikulum merdeka pada fase F kelas XI SMA/MA. Uji validitas yang dilakukan pada LKPD didapatkan nilai validitas LKPD sebesar 0,9 dengan kategori valid.
Copyrights © 2024