Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi teknologi digital dalam kegiatan dakwah serta tantangan perencanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian kajian kepustakaan mengumpulkan data dari buku, artikel, dan sumber kredibel dari internet. Teknologi digital telah mengubah paradigma dakwah secara signifikan, memungkinkan jangkauan yang lebih luas melalui media sosial, website, dan platform digital lainnya. Namun, tantangan yang dihadapi meliputi masalah akurasi pesan, kompetensi digital para da'i, serta dampak sosial yang muncul akibat penyebaran informasi yang tidak selalu sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam memanfaatkan teknologi digital untuk kegiatan dakwah. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan integrasi teknologi digital dalam dakwah sangat terkait dengan teori komunikasi dakwah di era digital. Teori tersebut menekankan pentingnya adaptasi media, pola interaksi, efisiensi penyebaran pesan, serta penyesuaian konten dalam menyampaikan pesan dakwah yang relevan di era digital. Komunikator (da'i) harus mempertimbangkan bagaimana teknologi digital bisa mendukung penyampaian dakwah secara efektif tanpa mengorbankan nilai-nilai spiritual dan pesan inti Islam, terdapat tantangan yang kompleks terkait konten, etika, penerimaan umat, dan pengelolaan informasi.
Copyrights © 2024