JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Menganalisis Kebutuhan Peserta Didik terhadap Media Pembelajaran yang ada di SMA N 1 Baso

Nabila, Diva Syukra (Unknown)
Akmam, Akmam (Unknown)
Hidayati, Hidayati (Unknown)
Novitra, Fuja (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa terkait media pembelajaran yang tersedia di sekolah, dengan fokus pada efektivitas dan relevansinya dalam mendukung pemahaman materi. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan melakukan survei kepada siswa dan guru di beberapa sekolah guna mengumpulkan data mengenai persepsi, preferensi, dan kendala yang dihadapi dalam penggunaan media pembelajaran. Tujuan lain dari penelitian ini adalah mengevaluasi penggunaan media melalui penyebaran angket kepada guru dan siswa, serta menganalisis data nilai pengetahuan siswa. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas XI Fase F di SMA N 1 Baso, dan hasil angket menunjukkan bahwa baik guru maupun siswa memiliki kebutuhan yang rendah terhadap media pembelajaran, dengan hasil belajar siswa juga berada pada kategori rendah. Penelitian ini menyoroti pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi siswa dan membuat proses belajar lebih menarik. Berdasarkan temuan ini, disarankan untuk meningkatkan akses dan keterampilan guru dalam memanfaatkan media digital agar lebih sesuai dengan kebutuhan belajar siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...