JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPAS di Kelas V SD Negeri 006 Rokan IV Koto

Resti, Riri (Unknown)
Hasibuan, Abdul Putra Ginda (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS siswa kelas V melalui model pembelajaran Inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 006 Rokan IV Koto berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 21 perempuan dan 8 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 006 Rokan IV Koto pada siklus I adalah 37,93% dan siklus II adalah 82,75%. Berdasarkan data persentase tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklus. Peningkatan persentase dari dari siklus I ke siklus II sebesar 44,82%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...