JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Menggunakan Model Pembelajaan Project Based Learning Pada Siswa Kelas XI Teknik Pemesinan di SMK Dhuafa Padang

Ponidi, Ponidi (Unknown)
Nurdin, Hendri (Unknown)
Purwantono, Purwantono (Unknown)
Yuvenda, Dori (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2024

Abstract

Perkembangan pendidikan kejuruan menuntut adanya inovasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik melalui penerapan model Project Based Learning di kelas XI Teknik Pemesinan SMK Dhuafa Padang. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model John Elliot yang terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 14 siswa kelas XI Teknik Pemesinan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan capaian kompetensi siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72,31 dengan ketuntasan klasikal 57,1% (8 siswa tuntas). Pada siklus II meningkat menjadi rata-rata 81,85 dengan ketuntasan klasikal 92,86% (13 siswa tuntas). Penerapan Project Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Gambar Teknik. Model pembelajaran ini mendorong siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam menghasilkan produk gambar teknik yang berkualitas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...