JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Terintegrasi Etnosains Materi Hidrokarbon Fase F SMA

Novita, Rani (Unknown)
Riga, Riga (Unknown)
Hardeli, Hardeli (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Materi Hidrokarbon merupakan materi yang berisfat abstrak dan dianggap sulit oleh peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis problem based learning terintegrasi etnosains materi hidrokarbon fase F SMA dan menentukan validitas dan praktikalitas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model 4D. Subjek penelitian validitas ini terdiri dari 3 dosen kimia FMIPA UNP dan 2 guru kimia SMA N 1 Tanjung Mutiara. Berpedoman pada data hasil penelitian, menggunakan rumus Aiken’s V didapatkan rata – rata validasi sebesar 0,85 dengan kategori valid. Berdasarkan dari uji praktikalitas oleh 2 guru dan 10 peserta didik diperoleh persentase sebesar 99% dan 94% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan penelitian ini LKPD berbasis problem based learning terintegrasi etnosains fase F SMA telah valid dan sangat praktis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...