JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 017 Kepenuhan

Jamilatul, Siti (Unknown)
Marta, Eni (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 017 Kepenuhan melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 017 Kepenuhan berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 14 siswa Perempuan dan 13 siswa laki-laki. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas dan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 017 Kepenuhan pada siklus I adalah 25,93% dan siklus II adalah 85,18%. Berdasarkan data persentase tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan kreativitas dan motivasi belajar siswa pada tiap siklus. Peningkatan persentase dari dari siklus I ke siklus II sebesar 59,25%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...