JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengembangan Media Jam Analog Pintar dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Waktu Bagi Peserta Didik Disabilitas Intelektual

Gustia, Iyut Sepmi (Unknown)
Iswari, Mega (Unknown)
Nurhastuti, Nurhastuti (Unknown)
Mahdi, Arisul (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik disabilitas intelektual dalam membaca waktu pada pembelajaran matematika. Ketidakmampuan ini terjadi karena terbatasannya media pembelajaran yang ada disekolah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan media pembelajaran satuan waktu, bernama jam analog pintar yang menggabungkan elemen visual, audio, dan kinestetik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan ini Borg and Gall yang mencakup 5 langkah yaitu Research and information collection, Planning, Develop Preliminary form of Product, Preliminary Field Testing, Main Product. Berdasarkan uji validitas yang sudah dilakukan kepada 4 orang validator ahli didapatkan hasil media termasuk kedalam kriteria cukup valid, yang berarti bahwa media jam analog pintar dapat digunakan setelah dilakukan revisi. Sedangkan hasil uji praktikalitas yang sudah dilakukan kepada peserta didik disabilitas intelektual didapatkan hasil dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut media jam anaog pintar dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan kemampuan membaca waktu setelah dilakukannya perbaikan media.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...