JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Hubungan antara Lingkungan Keluarga dan Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS di SMAN 1 Ciruas

Madini, Deandra Khoiro (Unknown)
Lindawati, Yustika Irfani (Unknown)
Widiansyah, Subhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan keluarga dan teman sebaya dengan motivasi belajar sosiologi siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Ciruas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel terdiri dari 71 siswa yang dipilih secara acak dari total populasi 242 siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang mengukur variabel lingkungan keluarga, teman sebaya, dan motivasi belajar. Analisis data menggunakan uji korelasi ganda, dan diperoleh nilai signifikansi <0,001 (a=0,05), sehingga Ha diterima. Besarnya hubungan antara variabel lingkungan keluarga dan teman sebaya dengan motivasi belajar sebesar 0,439, dengan tingkat hubungan cukup atau sedang. Koefisien determinasi (r²) sebesar 19,27% menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dan teman sebaya bersama-sama menjelaskan variansi motivasi belajar siswa, sementara sisanya, yaitu 80,73%, dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini. Semakin baik lingkungan keluarga dan teman sebaya, semakin tinggi motivasi belajar sosiologi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...