JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Peran Kaderisasi dalam Pembentukan Karakter Gen Z Berdasarkan Nilai Pancasila

Rahmadani, Suci (Unknown)
Pashadena, Allaika (Unknown)
Fathan, Muhamad (Unknown)
Ruhfania, Filda (Unknown)
Yolanda, Yora (Unknown)
Supriyono, Supriyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2024

Abstract

Kaderisasi merupakan kegiatan yang bertujuan sebagai bentuk orientasi terhadap mahasiswa baru. Penanaman nilai Pancasila dalam kegiatan tersebut penting untuk di integrasikan sebagai bentuk penguatan pendidikan karakter pelajar Pancasila. Namun, terdapat berbagai tantangan dan kendala yang dihadapi dalam upaya tersebut, seperti gaya hidup mahasiswa yang sudah terpapar budaya asing. Hal ini tentu perlu strategi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Pada artikel ini, berupaya mengkaji peran kaderisasi dalam pembentukan karakter Generasi Z berdasarkan nilai-nilai Pancasila dengan pendekatan studi Pustaka dan literature review. Hasil yang didapat kaderisasi membantu mahasiswa menginternalisasi nilai-nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, dan Keadilan Sosial, yang memungkinkan mereka berfungsi sebagai agen perubahan di masyarakat. Pembentukan karakter melalui pendidikan yang konsisten diharapkan dapat menciptakan generasi yang berintegritas, empati, dan memiliki tanggung jawab sosial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...