JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Implementasi Metode Pembelajaran Klasikal di Pondok Pesantren Darul Marifah Samarinda

Nur Aditya, Muhammad (Unknown)
Jannah, Fathul (Unknown)
Mawaddah, Rifdatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Nov 2024

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini Permasalahan yang peneliti temui yaitu Penggunaan metode pembelajarannya di pondok pesantren darul marifah yaitu siswa kurang fokus dan mengantuk saat guru menjelaskan kitab yang dibaca, Serta kurangnya inovasi dalam Tehnik mengajar guru disaat pembelajaran berlangsung yang menyebabkan siswa kurang fokus dalam memahami pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis metode pembelajaran di pondok pesantren Darul Marifah. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian deskirptif kualitatif sumber data dalam penelitian ini adalah pengasuh pondok ,seketaris pondok, Guru Tafsir, dan guru fiqih, di pondok pesantren darul marifah, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi secara langsung. Teknik analisis data yang digunakan adalah display, verifikasi dan conclution. Uji keabsahan data yang digunakan adalah trigulasi, perpanjangan keikutsertaan peneliti dan mengadakan Membercheck. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Pondok pesantren Darul Marifah samarinda dapat disimpulkan bahwa: Analisis pembelajaran salafi di pondok pesantren darul marifah samarinda menggunakan metode pembelajaran klasikal pada setiap pembelajarannya,Pembelajaran klasikal yang digunakan ialah metode sorogan dan wethonan, keunggulan dalam penggunaan metode sorogan metode ini kyai secara pasti mengetahui kualitas anak didikanya dan mendapatkan penjelaskan yang pasti dari seornag kyai kelemahannya metode ini menggunakan jangka waktu yang sangat banyak, sedangkan penggunaan metode wethonan digunakan pada pembelajaran tahsin al-quran,jurumiyah dan tasrifan keunggulan metode ini adalah lebih cepat dan praktis sedangkan kelamahan metode ini dianggap tradisional,dari hal ini pembelajaran salafi di pondok pesantren darul marifah samarinda menjadikan guru sebagai sumber ilmu utama dan menjadikan pembelajarannya satu arah diartikan demikian sebab fokus pembelajaran terfokus terhadap pada peran guru

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...