JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di MIN 41 Aceh Besar

Iman, Rasulun (Unknown)
Yusnidar, Yusnidar (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, berlangsung selama tiga siklus, setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III MIN 41 ACEH BESAR, berjumlah 23 siswa. Objek penelitian adalah peningkatan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan observasi dan tes tertulis. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) upaya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model PBL melalui langkah-langkah: orientasi siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah; (2) model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini tampak pada peningkatan nilai rata- rata ulangan dari kondisi awal 61,08, siklus I 68,15, siklus II meningkat menjadi 80, kemudian siklus III meningkat menjadi 81. Persentase jumlah siswa yang mencapai KKM (70) dari kondisi awal sebesar 30,44%, siklus I 69,56%, siklus II menjadi82,61% .

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...