Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model kooperatif tipe Index Card Match terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 101885 Kiri Hilir T.A 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu One Group Pretest Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model kooperatif tipe Index Card Match terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi kalimat perintah kelas V SDN 101885 Kiri Hilir T.A 2024/2025. Hal ini dapat dilihat saat peneliti memberikan soal pretest kepada siswa, skor rata-rata pretest yaitu 55,43. Setelah diberikan perlakuan selanjutnya diberikan posttest. Berdasarkan hasil posttest terlihat bahwa skor rata-rata posttest yaitu 77,62 dan skor rata-rata hasil belajar kelas eksperimen meningkat 22,19. Berdasarkan uji normalitas pada penelitian ini diketahui bahwa seluruh data dalam penelitian ini berdistribusi normal, selanjutnya uji homogenitas menunjukkan nilai 0,717 > 0,05 atau data pada penelitian ini tergolong homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan independent sampel t-test menunjukan bahwa > (-8,196 > 1,697) atau ditolak dan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 101885 Kiri Hilir T.A 2024/2025.
Copyrights © 2024