JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengembangan Media Pembelajaran Terintegrasi Markerless Augmented Reality pada Materi Larutan Penyangga Fase F Kimia SMA/MA

Abshari, Aliifah Ayu (Unknown)
Guspatni, Guspatni (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran terintegrasi Markerless Augmented Reality (AR) untuk materi larutan penyangga untuk fase F Kimia di SMA/MA. Media ini diharapkan dapat menjadi alat guna mendorong siswa memahami konsep kimia yang kompleks dan abstrak dengan lebih mudah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase: studi pendahuluan, pengembangan prototipe, dan uji validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sudah valid dengan nilai rata-rata untuk aspek uji validitas pada aspek konten, konstruk dan kulitas teknik yaitu 0,85, 0,83, dan 0,90 diterima. Media ini terbukti efektif untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa dalam mempelajari materi larutan penyangga.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...