JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Filsafat Pendidikan Progresivisme : Membangun Fondasi dalam Mencapai Pembelajaran Bermakna

Aisyah, Rihadatul (Unknown)
Rahma, Latifah Hikmalia (Unknown)
Ruslan, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2024

Abstract

Ideologi progresif Untuk menyediakan landasan bagi siswa untuk mencapai pengetahuan yang mendalam dan pembelajaran yang bermakna, pendidikan menempatkan premi pada perancangan pengalaman belajar yang menarik dan relevan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi bagaimana filsafat pendidikan dapat berfungsi sebagai landasan untuk pendidikan yang lebih baik. Dengan memanfaatkan strategi tinjauan pustaka, penyelidikan ini berusaha untuk menyusun, mengkaji, dan menganalisis berbagai sumber ilmiah yang relevan, seperti jurnal akademik, buku teks, laporan penelitian, dan publikasi dari konferensi terkait topik ini. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, pendidikan progresif berfokus pada pengembangan keterampilan kritis dan pemecahan masalah melalui pengalaman belajar yang aktif dan tersituasi. Pendekatan ini menekankan pentingnya melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, ketika instruktur mengambil peran sebagai pemandu, membantu kelas dalam menyelidiki berbagai konsep, mengembangkan individu yang. Maka dari itu dengan filsafat pendidikan progresivisme tersebut peserta didik dapat berpikir kritis dan kreatif serta beradaptasi dengan tantangan kehidupan dan menghubungkan pengetahuan dengan dunia nyata dan pembelajaran yang dilakukan lebih bermakna.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...