JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen terhadap Sayuran di Hidroponik di Kabupaten Kolaka

Usman, Edi (Unknown)
Ilmiah, Nur (Unknown)
Sukmawati, Sukmawati (Unknown)
Ramadhan, Ryan (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap sayuran hidroponik di Kabupaten Kolaka. Dilaksanakan pada Mei hingga Juni 2024, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda dengan model Cobb Douglas melalui SPSS versi 22.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima variabel yang diteliti (umur, tingkat pendidikan, pendapatan, pengetahuan, dan kesehatan), hanya variabel pengetahuan dan kesehatan yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel umur, tingkat pendidikan, dan pendapatan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Analisis koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa model ini hanya dapat menjelaskan 36% variasi keputusan pembelian, sementara 64% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar model.Temuan ini mengimplikasikan bahwa strategi pemasaran sayuran hidroponik di Kabupaten Kolaka sebaiknya berfokus pada edukasi konsumen tentang manfaat kesehatan produk, tanpa perlu melakukan segmentasi berdasarkan umur, tingkat pendidikan, atau pendapatan. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi produsen dan pemasar sayuran hidroponik dalam memahami perilaku konsumen dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...