JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Realistik (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 060877 Medan Perjuangan T.A 2024/2025

Lubis, Elfian Z. (Unknown)
Tamba, Robenhart (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran matematika realistik (RME) pada pelajaran matematika dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 060877 Medan Perjuangan. Penelitian ini dilakukan dilakukan di SD Negeri 060877 Medan Perjuangan pada semester ganjil T.A 2024/ 2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental. Penelitian ini menggunakan dua sampel yang terdiri dua kelas, yaitu kelas V A sebagai kelas kontrol sebanyak 24 orang dan kelas V B sebagai kelas eksperimen sebanyak 25 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen tes pilihan berganda untuk mengukur hasil belajar siswa dan instrumen non tes berupa observasi dan wawancawa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran matematika realistik (RME) memberikan pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa yang ditunjukkan melalui hasil analisis uji hipotesis yang memperoleh nilai signifikan sebesar 0,00 yang berarti lebih kecil dari 0,05 (0,00 < 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran matematika realistik (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...