Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fase penting dalam perkembangan anak yang mempengaruhi pertumbuhan fisik, mental, dan sosial mereka. Dalam konteks Indonesia, pengembangan kurikulum PAUD berbasis pendidikan Islam menjadi sangat relevan, mengingat negara ini memiliki populasi Muslim yang besar dan nilai-nilai Islam yang mendalam dalam kehidupan sehari-hari. Kurikulum yang baik harus mampu mengintegrasikan aspek akademis dengan pengembangan karakter dan spiritual anak, sehingga mereka tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki akhlak yang baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian Pengembangan kurikulum PAUD berbasis pendidikan Islam memerlukan pendekatan yang sistematis dan terencana. Analisis Kebutuhan, Penetapan Tujuan Kurikulum, Pengembangan Konten Kurikulum, Pemilihan Metode Pembelajaran, Pengembangan Materi Ajar, Pelatihan Guru, Implementasi Kurikulum, Evaluasi dan Penyesuaian, beberapa tantangan utama yang dihadapi dalam proses ini Pengembangan Kurikulum PAUD Berbasis Pendidikan Islam: Integrasi Nilai-nilai Islam, Kesiapan Guru, Sumber Daya dan Materi Ajar, Perubahan Kebijakan Pendidikan, Keterlibatan Orang Tua dan Masyarakat, Adaptasi terhadap Perkembangan Teknologi, menerapkan nilai-nilai Islam dalam kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memerlukan pendekatan yang holistik dan kreatif: Pembelajaran Berbasis Lapangan, Cerita dan Kisah Inspiratif, Kegiatan Harian yang Mengandung Nilai-nilai Islam, Penggunaan Media Pembelajaran yang Relevan, Modeling oleh Guru, Keterlibatan Orang Tua, Evaluasi dan Refleksi,Meaplikasikan ajaran Islam dalam kegiatan sehari-hari di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting untuk menumbuhkan kesadaran spiritual anak. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya: Kegiatan Rutin Berbasis Ibadah, Cerita dan Kisah Inspiratif, Aktivitas Kreatif, Pembelajaran Melalui Permainan, Kegiatan Sosial dan Amal, Refleksi dan Diskusi, Keterlibatan Orang Tua.
Copyrights © 2024