JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengaruh Media Pop Up Book terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 125543 Pematangsiantar

Sinurat, Edwin (Unknown)
Sidabutar, Yanti Arasi (Unknown)
Purba, Jon Roi Tua (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh media Pop Up Book terhadap hasil belajar siswa IPA kelas IV di UPTD SD Negeri 125543 Kota Pematangsiantar pada tahun ajaran 2024. Media Pop Up Book termasuk dalam kategori media visual, yang merupakan jenis buku yang menampilkan gambar atau bentuk yang muncul atau bergerak saat halaman dibuka. Hal ini menarik perhatian dan membantu pembaca, terutama anak-anak, untuk lebih memahami dan menikmati isi buku melalui pengalaman visual dan interaktif. Oleh karena itu, inovasi dalam pembelajaran dengan menggunakan media Pop Up Book diperlukan untuk meningkatINDOkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 22 siswa kelas IV di UPTD SD Negeri 125543 Kota Pematangsiantar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest menggunakan 20 soal pilihan ganda yang telah divalidasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest adalah 52,4, sedangkan skor rata-rata posttest meningkat menjadi 84,54. Dalam uji hipotesis, nilai thitung dari uji Paired Sample T-test adalah 27,228. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari t_tabel (27,228 > 0,433). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Book berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di UPTD SD Negeri 125543 Pematangsiantar. Oleh karena itu, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...