Mata pelajaran kejuruan dalam jurusan rekayasa perangkat lunak (RPL) SMK Negeri 11 Bandung adalah basis data. Siswa merasa basis data ini sulit, terutama materi diagram hubungan antar entitas. Oleh karena itu, alat bantu pembelajaran yang tidak hanya membantu guru tetapi juga membantu siswa belajar diperlukan. Alat bantu multimedia interaktif dibuat dengan menggunakan aplikasi Construct 2. Studi ini bertujuan untuk menentukan apakah pembelajaran interaktif berbasis game dengan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) menghasilkan peningkatan kognitif bagi siswa. Untuk tujuan penelitian ini, desain pretest-posttest Control Group Design dengan dua kelas digunakan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Multimedia yang dikembangkan menerima presentasi 77.33 persen dari ahli media dan 83.39 persen dari ahli materi; terjadi peningkatan kogntif setelah penggunaan multimedia, dengan nilai pre-test meningkat sebesar 11.39 menjadi 17.18 dengan nilai gain sebesar 0,67; dan siswa menunjukkan tanggapan positif terhadap penggunaan multimedia dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024