Penelitian ini mengeksplorasi kontras kecemasan matematika antara siswa dan siswi sekolah menengah pertama di Gresik, dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian melibatkan 33 peserta didik, pada 11 siswa dan 22 siswi dari kelas VIII-A di UPT SMPN 5 Gresik. Penelitian ini menggunakan kuesioner skala likert sebagai alat ukur kecemasan matematika, bertujuan untuk menjembatani kesenjangan tersebut dengan mengeksplorasi apakah terdapat perbedaan signifikan dalam kecemasan matematika yang dipengaruhi oleh jenis kelamin. Hasil dari pengujian hipotesis mengidentifikasikan bahwa tidak ada kontras yang mencolok dalam tingkat kecemasan matematika antara siswa putra dan siswi putri. Hal ini diverifikasi melalui hasil uji t sampel independen yang memperlihatkan nilai signifikasi 0,537 dan 0,548 yang melebihi 0,05. Walaupun perbedaannya tidak signifikan, namun rata-rata tingkat kecemasan matematika memperlihatkan bahwa siswa lebih tinggi tingkat kecemasan matematikanya dari pada siswi.
Copyrights © 2024