Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif dalam mengoptimalkan kemampuan dan motivasi siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apaka h model Problem Based Learning berbantu media Flipchart efektif terhadap hasil belajar siswa materi Permasalahan Lingkungan Mengancam Kehidupan? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model Problem Based Learning berbantu media Flipchart efektif terhadap hasil belajar siswa materi Permasalahan Lingkungan Mengancam Kehidupan kelas V SD Negeri 01 Karangtengah Kabupaten Pemalang dilihat pada ketuntasan belajar dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre Eksperimental Design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 01 Karangtengah Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2023/2024. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 15 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian sebagai berikut: Nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata kelas untuk pretest sebesar 63,07 dan posttest sebesar 83,20. Jadi nilai posttest siswa telah mencapai ketuntasan minimal individu sebagai hasil dari penggunaan model Problem Based Learning berbantu media Flipchart. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya terhadap model Problem Based Learning berbantu media Flipchart dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Copyrights © 2024