Celebrity worship merupakan keterlibatan emosional berlebihan terhadap idola, yang dapat mempengaruhi kondisi psikologis individu, salah satunya self-esteem. Studi ini dilakukan dengan latar belakang meningkatnya fenomena Hallyu di Indonesia, dimana K-Pop menjadi bagian signifikan dari budaya popular yang sedang tren saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peran celebrity worship terhadap self-esteem pada penggemar K-Pop terutama di kalangan dewasa awal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non-experimental dengan teknik convenience sampling. Partisipan pada penelitian ini melibatkan 539 orang penggemar K-Pop di wilayah DKI Jakarta dengan usia 18-25 tahun, yang diperoleh menggunakan kuesioner. Alat ukur yang digunakan yaitu Celebrity Attitude Scale (CAS) dan Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES). Analisis data dibuktikan melalui uji regresi dengan model kuadratik dikarenakan data pada penelitian ini tidak linear (p value > 0.05) yaitu 0.132. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel self-esteem dengan celebrity worship memiliki nilai R Square sebesar 0.014 dan berhubungan negatif, artinya celebrity worship memiliki peran terhadap self-esteem sebesar 1.4%. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa celebrity worship memiliki peran terhadap self-esteem pada penggemar K-Pop, sehingga hipotesis dapat diterima. Hubungan bersifat negatif artinya jika self-esteem semakin kuat, maka celebrity worship semakin lemah, dan sebaliknya.
Copyrights © 2024