JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Peran Celebrity Worship terhadap Self-Esteem Pada Penggemar K-POP

Novanca, Serren Aura (Unknown)
Idulfilastri, Rita Markus (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Celebrity worship merupakan keterlibatan emosional berlebihan terhadap idola, yang dapat mempengaruhi kondisi psikologis individu, salah satunya self-esteem. Studi ini dilakukan dengan latar belakang meningkatnya fenomena Hallyu di Indonesia, dimana K-Pop menjadi bagian signifikan dari budaya popular yang sedang tren saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peran celebrity worship terhadap self-esteem pada penggemar K-Pop terutama di kalangan dewasa awal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non-experimental dengan teknik convenience sampling. Partisipan pada penelitian ini melibatkan 539 orang penggemar K-Pop di wilayah DKI Jakarta dengan usia 18-25 tahun, yang diperoleh menggunakan kuesioner. Alat ukur yang digunakan yaitu Celebrity Attitude Scale (CAS) dan Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES). Analisis data dibuktikan melalui uji regresi dengan model kuadratik dikarenakan data pada penelitian ini tidak linear (p value > 0.05) yaitu 0.132. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel self-esteem dengan celebrity worship memiliki nilai R Square sebesar 0.014 dan berhubungan negatif, artinya celebrity worship memiliki peran terhadap self-esteem sebesar 1.4%. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa celebrity worship memiliki peran terhadap self-esteem pada penggemar K-Pop, sehingga hipotesis dapat diterima. Hubungan bersifat negatif artinya jika self-esteem semakin kuat, maka celebrity worship semakin lemah, dan sebaliknya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...