JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Peran Self-Control terhadap Gaya Hidup Hedonisme Pada Mahasiswa

Azura, Kyla Puteri (Unknown)
Idulfilastri, Rita Markus (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Ditengah kemajuan globalisasi yang terjadi, salah satu aspek yang paling terdampak adalah gaya hidup. Gaya hidup dianggap penting karena merupakan bentuk dari ekspresi diri. Salah satu gaya hidup yang banyak terjadi sekarang adalah hedonisme. Hedonisme didefinisikan sebagai pencarian kesenangan dan kenikmatan sebagai tujuan utama hidup. Hal ini melibatkan peran kontrol diri untuk memilih gaya hidup yang ada. Kontrol diri memiliki artian kemampuan individu untuk menekan dorongan, keinginan, serta perilaku dalam diri untuk mencapai suatu keinginan jangka panjang. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui seberapa besar peran kontrol diri dalam mahasiswa dengan gaya hidup hedonisme. Untuk mendukung jalannya penelitian, peneliti mengolah data menggunakan 283 partisipan dan berusia 18-25 tahun. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan sampel non-probability sampling dan pengambilan sampel convenience sampling. Terdapat dua alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, Brief Self-Control Scale (BSCS) yang telah diadaptasi ke Bahasa Indonesia dengan Alpha Cronbach sebesar 0.832 dan Skala Gaya Hidup Hedonis dengan Alpha Cronbach sebesar 0.967. Melalui uji regresi linear, telah terbukti bahwa kontrol diri memiliki peranan yang tidak signifikan terhadap gaya hidup hedonisme pada mahasiswa. Hasil uji hipotesis juga menunjukan tidak adanya hubungan signifikan antar variabel terhadap dimensinya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...