JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Analisis Psikologi Konsumen dan Strategi Pemasaran pada Keputusan Konsumen Membeli Produk Mie Gacoan

Bryan, Yoel (Unknown)
Sudrajat, Ajat (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Dalam membeli produk konsumen membuat keputusan. Banyak hal yang dapat mempengaruhi keputusan tersebut baik dari internal diri konsumen maupun lingkungan eksternal salah satunya psikologi konsumen. Mie Gacoan merupakan salah satu usaha kuliner di Indonesia yang menjual produk Mie pedas. Bersaing dengan pedagang Mie ayam gerobak & Mie instan siap saji menjadi salah satu tantangan dalam memenangkan keputusan konsumen membeli Mie sangat dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor apa yang memengaruhi keputusan konsumen membeli Mie Gacoan. Penelitian ini dilakukan melalui metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen kuesioner dengan pupulasi yakni semua konsumen Mie Gacoan daerah Bekasi & Karawang serta sampel yang digunakan mencapai 100 responden. Hasil yang didapatkan dari penelitian adalah (1) Variabel Dimensi psikologi konsumen seperti Persepsi, Motivasi, Emosi, Sikap, dan Pembelajaran berpengaruh positif pada keputusan konsumen membeli Mie Gacoan. (2) Variabel Bauran strategi pemasaran seperti Produk, Harga, Tempat, dan Promosi berpengaruh positif pada keputusan konsumen membeli Mie Gacoan. (3) Variabel Dimensi psikologi konsumen serta buram strategi pemasaran secara simultan berpengaruh signifikan pada keputusan konsumen membeli Mie Gacoan. .

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...