Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di MI/SD memegang peranan penting dalam membentuk karakter, pengetahuan, serta keterampilan sosial siswa sejak dini. Artikel ini membahas strategi pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep IPS, seperti pendekatan berbasis proyek, penggunaan media interaktif, dan permainan edukatif. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) yaitu dengan penyajian data kualitatif interpretatif, dimana objek utamanya bersumber dari berbagai buku-buku kepustakaan yang tersedia. Strategi pembelajaran adalah rencana tindakan (rangkaian kegiatan) yang melibatkan penggunaan metode dan penggunaan berbagai sumber atau kekuatan dalam pembelajaran. Strategi pembelajaran IPS harus dirancang semaksimal mungkin untuk mencapai proses pembelajaran yang mudah dipahami. IPS adalah pelajaran sosial yang mencakup berbagai aspek seperti kehidupan sosial, dan termasuk struktur yang ada di bumi. Penelitian ini menyoroti pentingnya metode pembelajaran yang kontekstual dan menyenangkan untuk membantu siswa memahami materi yang sering kali bersifat abstrak. Dengan menerapkan strategi yang relevan, guru dapat menciptakan suasana belajar yang aktif, kreatif, dan bermakna. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa pendekatan inovatif dalam pembelajaran IPS mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, memperkuat keterampilan berpikir kritis, dan memfasilitasi pengembangan kompetensi sosial mereka.
Copyrights © 2024