JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Implementasi Program Pembinaan Sekolah dalam Supervisi Pendidikan

Mardiyah, Mardiyah (Unknown)
Silmiya, Fadiyatus (Unknown)
Zannah, Dhaymatus Wirdatul (Unknown)
Rohmatika, Nur Alfi (Unknown)
Sari, Rahmi Putri Nimas (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2024

Abstract

Mutu pendidikan ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia, terutama guru. Sebagai pendidik, guru memiliki peran penting dalam meningkatkan profesionalisme melalui tugas utama seperti mendidik, mengajar, membimbing, menilai, melatih, mengarahkan, dan mengevaluasi siswa di berbagai jenjang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Implementasi program pembinaan sekolah dalam supervise pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literature (library research), yaitu sekumpulan aktivitas yang berhubungan dengan metode pengumpulan data kepustakaan, membaca, menulis dan mengolah bahan-bahan yang berkaitan dengan penelitian. Penelitian ini menemukan bahwa Pembinaan siswa merupakan upaya pendidikan yang bertujuan untuk mendukung perkembangan holistic siswa dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk aspek akademik, sosial, emosional, dan kesehatan.Tujuan inti dari pembinaan ini adalah membantu siswa mencapai potensi terbaik mereka dan menjadi individu yang mandiri, empatik, serta siap menghadapi tantangan kehidupan.Makasih supervisor harus seorang profesional yang kinerjanya dipandu oleh pengalaman, kualifikasi dan kompetensi yang dibuktikan dengan sertifikat profesional. Adapun tantangan yang terjadi dalam Implementasi program pembinaan sekolah ada dua macam yaitu dari dalam (internal) yaitu keterbatasan sumber daya manusia, minimnya fasilitas dan sarana pendidikan, resistensi terhadapa perubahan, dan keterbatasan anggaran sekolah. Dan dari luar (eksternal ) yaitu kurangnya dukungan dari orang tua dan masyarakat, perubahan kebijakan pendidikan yang sering berubah, pengaruh social dan teknologi, dan kompetensi antar sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...