JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Telaah Epistimologi Filsafat Ditinjau dari Perkembangan Sains Pada Setiap Zaman

Nailisa, Anindia Fairin (Unknown)
Khoirunisa, Bella (Unknown)
Mahardika, I Ketut (Unknown)
Frebianti, Ina (Unknown)
Mahmudi, Kendid (Unknown)
Ramadhani, Yudistira Andeta (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2024

Abstract

Jurnal ini mengkaji tentang hubungan antara epistimologi filsafat sains dan perkembangan ilmiah sepanjang sejarah, dengan focus pada pengetahuan dan pemahaman tentang kebenaran berkembang seiring dengan kemajuan ilmiah. Epistimologi yang menyangkut asal-usul, struktur, dan batasan ilmu pengetahuan sangat dipengaruhi oleh perubahan besar ilmu pengetahuan sejak zaman dahulu hingga saat ini. Jurnal ini membahas paradigma epistimologi sains di setiap era, mulai dari filsafat klasik dan perkembangannya hingga pemahaman filsafat pada revolusi industri saat ini. Tujuan jurnal ini adalah menjelaskan pemahaman melalui pendekatan historis dan analitis antara filsafat dan sains serta pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan terhadap konsep dasar epistimologi. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan dan filsafat berinteraksi dan berkembang secara dinamis, bahwa perubahan dalam sains sering kali mengarah pada refleksi ulang teori teori pengetahuan yang ada, sehingga mengarah pada pemahaman yang lebih kompleks tentang filsafat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...