Pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar saat ini sangat penting, terutama dalam menghadapi era globalisasi. Namun, partisipasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SD cenderung pasif karena metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan platform ’Kahoot’ dalam meningkatkan partisipasi siswa kelas IV SDN 2 Kawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot secara signifikan meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Inggris. Partisipasi siswa meningkat dari sebelumnya pasif menjadi lebih aktif dengan hampir seluruh siswa terlibat dalam pembelajaran. Selain itu, pemahaman siswa juga meningkat, terbukti dari hasil kuis yang menunjukkan 90% siswa mencapai skor di atas rata-rata. Meski demikian, tantangan seperti keterbatasan akses perangkat dan masalah koneksi internet perlu diperhatikan. Oleh karena itu, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, seperti Kahoot, diharapkan dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan keterlibatan siswa, asalkan didukung dengan infrastruktur yang memadai.
Copyrights © 2024