JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik Melalui Game-Based Learning “Kahoot” Pada Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas IV SD N 2 Kawan

Setiawan, I Wayan (Unknown)
Putra, I Putu Andika Subagya (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar saat ini sangat penting, terutama dalam menghadapi era globalisasi. Namun, partisipasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SD cenderung pasif karena metode pembelajaran konvensional yang kurang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan platform ’Kahoot’ dalam meningkatkan partisipasi siswa kelas IV SDN 2 Kawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kahoot secara signifikan meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa terhadap materi Bahasa Inggris. Partisipasi siswa meningkat dari sebelumnya pasif menjadi lebih aktif dengan hampir seluruh siswa terlibat dalam pembelajaran. Selain itu, pemahaman siswa juga meningkat, terbukti dari hasil kuis yang menunjukkan 90% siswa mencapai skor di atas rata-rata. Meski demikian, tantangan seperti keterbatasan akses perangkat dan masalah koneksi internet perlu diperhatikan. Oleh karena itu, penggunaan teknologi dalam pembelajaran, seperti Kahoot, diharapkan dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan keterlibatan siswa, asalkan didukung dengan infrastruktur yang memadai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...