Kebosanan dan tidak ada variasi media terhadap proses pembelajaran menurunkan sikap kerjasama dan keterampilan berbicara. Hal ini terjadi pada siswa kelas IV SD Negeri Karanganyar 01 yang merasa saat pembelajaran Bahasa Indonesia tidak menarik karena media dan model pembelajaran yang dilakukan monoton. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan media Flipbook Interview Guidelines berbasis Project Based Learning dan menentukan keefektifan media penelitian ini. Metode penelitian ini menggunakan mixed method yaitu data campuran dari data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan selama satu bulan untuk menentukan keberhasilan media yang digunakan. Subyek penelitian adalah 28 siswa kelas IVA SD Negeri Karanganyar 01. Data diperoleh dari hasil pengamatan observasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan berbicara siswa dari rata-rata nilai terendah 22 siswa sampai 4 siswa dengan presentase 79% - 14 % dan rata-rata nilai tertinggi dari 6 siswa sampai 24 siswa dengan presentase 21% - 86%. Diharapkan dengan penerapan media Flipbook Interview Guidelines berbasis Project Based Learning dapat meningkatkan sikap kerjasama dan keterampilan berbicara siswa SD Negeri Karanganyar 01 dan guru dapat mengadopsi media dan model yang sudah diterapkan.
Copyrights © 2024