Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku perbandingan sosial pada aspek penampilan dengan presentasi diri siswa pada media sosial Instagram di SMA Negeri 3 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 550 siswa kelas XII-1 s.d XII-13. Penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling diperoleh 85 sampel penelitian. Instrumen yang digunakan, yaitu kuesioner skala perilaku perbandingan sosial terdiri dari 16 item dan skala presentasi diri terdiri dari 19 item. Data dianalisis menggunakan uji asumsi klasik diantaranya uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas. Setelah itu, dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi sederhana pearson product moment. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan uji hipotesis korelasi pearson product moment menunjukkan nilai Sig. 0.000 < 0.05, artinya diterima dan ditolak. Adapun nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar -0.601 dan R Square yang diperoleh yaitu sebesar 0.362. Dapat disimpulkan bahwa perilaku perbandingan sosial pada aspek penampilan berhubungan negatif secara signifikan dengan presentasi diri siswa pada media sosial Instagram di SMA Negeri 3 Kota Serang. Selain itu, perilaku perbandingan sosial dan presentasi diri berkontribusi sebesar 36.2% sedangkan sisanya sebesar 63.8% ditentukan oleh faktor lain diluar kedua variabel penelitian ini.
Copyrights © 2024