JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Hubungan Perilaku Perbandingan Sosial dengan Presentasi Diri Siswa Pada Media Sosial Instagram di SMA Negeri 3 Kota Serang

Fatimah, Empat Siti (Unknown)
Widiansyah, Subhan (Unknown)
Kuntari, Septi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku perbandingan sosial pada aspek penampilan dengan presentasi diri siswa pada media sosial Instagram di SMA Negeri 3 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 550 siswa kelas XII-1 s.d XII-13. Penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling diperoleh 85 sampel penelitian. Instrumen yang digunakan, yaitu kuesioner skala perilaku perbandingan sosial terdiri dari 16 item dan skala presentasi diri terdiri dari 19 item. Data dianalisis menggunakan uji asumsi klasik diantaranya uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas. Setelah itu, dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi sederhana pearson product moment. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan uji hipotesis korelasi pearson product moment menunjukkan nilai Sig. 0.000 < 0.05, artinya  diterima dan  ditolak. Adapun nilai koefisien korelasi yang diperoleh sebesar -0.601 dan R Square yang diperoleh yaitu sebesar 0.362. Dapat disimpulkan bahwa perilaku perbandingan sosial pada aspek penampilan berhubungan negatif secara signifikan dengan presentasi diri siswa pada media sosial Instagram di SMA Negeri 3 Kota Serang. Selain itu, perilaku perbandingan sosial dan presentasi diri berkontribusi sebesar 36.2% sedangkan sisanya sebesar 63.8% ditentukan oleh faktor lain diluar kedua variabel penelitian ini. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...