JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Pengembangan Flipbook untuk Siswa SMK Fase E pada Bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Buana, Anggita Chandra (Unknown)
Azhari, Cindy Aulya (Unknown)
Hakim, Luqman (Unknown)
Arif, Amirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk flipbook interaktif yang dirancang khusus untuk siswa SMK fase E, dengan fokus pada lingkup kerja di bidang akuntansi dan keuangan lembaga. Flipbook ini dikembangkan untuk menjadi media pembelajaran yang menarik, mempermudah pemahaman konsep akuntansi yang rumit, dan meningkatkan minat belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yang mencakup langkah-langkah analisis kebutuhan, desain, pembuatan, dan validasi. Data diperoleh melalui wawancara dengan guru akuntansi di SMK Ketintang guna menggali kebutuhan pembelajaran siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flipbook yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dilengkapi dengan fitur multimedia seperti teks dan gambar yang menarik. Hasil validasi materi dan media menyatakan bahwa flipbook ini relevan, interaktif, dan mudah diakses. Flipbook ini juga memudahkan siswa untuk belajar secara mandiri dengan menggunakan berbagai perangkat digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...