Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbentuk flipbook interaktif yang dirancang khusus untuk siswa SMK fase E, dengan fokus pada lingkup kerja di bidang akuntansi dan keuangan lembaga. Flipbook ini dikembangkan untuk menjadi media pembelajaran yang menarik, mempermudah pemahaman konsep akuntansi yang rumit, dan meningkatkan minat belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yang mencakup langkah-langkah analisis kebutuhan, desain, pembuatan, dan validasi. Data diperoleh melalui wawancara dengan guru akuntansi di SMK Ketintang guna menggali kebutuhan pembelajaran siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flipbook yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dilengkapi dengan fitur multimedia seperti teks dan gambar yang menarik. Hasil validasi materi dan media menyatakan bahwa flipbook ini relevan, interaktif, dan mudah diakses. Flipbook ini juga memudahkan siswa untuk belajar secara mandiri dengan menggunakan berbagai perangkat digital.
Copyrights © 2024