JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Peran Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Membangun Karakter Siswa: Tinjauan Literatur

Hasibuan, Apuannisa (Unknown)
Andina, Fadillah (Unknown)
Fauziah, Nayla Nazwa (Unknown)
Saragih, Maudyla Ali (Unknown)
Yusnaldi, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2024

Abstract

Pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk generasi masa depan bangsa, terutama dalam mengatasi masalah sosial, budaya, dan global. Salah satu kontribusi signifikan untuk membentuk karakter individu adalah Institut Pengetahuan Sosial (IPS). IPS, yang mencakup berbagai disiplin ilmu seperti geografi, ekonomi, dan sosiologi, tidak hanya memberikan pengetahuan tentang konsep sosial tetapi juga menekankan aspek penting kehidupan untuk mengembangkan karakter individu. Proses ini membantu mengembangkan sifat karakter yang baik dan menciptakan individu yang tidak hanya kompeten dalam pengetahuan tetapi juga mampu secara emosional dan sosial. Namun, kontribusi IPS dalam membentuk karakter individu tetap menjadi topik perdebatan. Dari latar belakang tersebut, maka penulis merumuskan masalah yang akan menjadi topik pembahasan artikel ini. Yaitu; apa saja nilai-nilai karakter yang dapat ditanamkan melalui pembelajaran IPS di sekolah?; bagaimana peran pendidikan IPS dalam membentuk karakter siswa?; bagaimana hubungan antara pembelajaran IPS dan pengembangan sikap sosial seperti toleransi, empati, dan rasa tanggung jawab pada siswa?; Sejauh mana literatur yang ada menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dapat berkontribusi pada pembentukan karakter siswa di berbagai tingkat pendidikan?. Artikel ini bertujuan juga untuk memecahkan dan menjabarkan rumusan masalah tersebut. Kemudian jenis artikel ini adalah studi literatur. Dan menggunakan metode penelitiann kualitatif. Dan simpulan singkat artikel ini adalah Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki peran vital dalam membentuk karakter siswa dengan menanamkan nilai-nilai sosial dan moral seperti religius, toleransi, disiplin, dan peduli lingkungan. Melalui pendekatan holistik yang melibatkan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, IPS tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga memperkuat kecakapan sosial siswa. Peran guru sebagai fasilitator sangat penting dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter dan mengembangkan aktivitas yang relevan. IPS juga memperkuat sikap sosial siswa, menjadikannya generasi yang kritis, mandiri, bertanggung jawab, serta peduli terhadap masyarakat dan lingkungan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...